Peningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Cilenggang 03 menggunakan game edukasi Quizizz

Mimin, Sudarsih (2023) Peningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Cilenggang 03 menggunakan game edukasi Quizizz. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 2. pp. 9-15. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_4_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
2720-9334_4_1_2023-2.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan game edukasi Quizizz. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Cilenggang 03 berjumlah 25 siswa dan objeknya adalah hasil belajar daring siswa dengan pemanfaatan platform Game Edukasi Quizizz. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes evaluasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada masa prasiklus minat belajar siswa pada kategori kurang sebesar 20,70%, namun setelah dilakukan tindakan siklus I menjadi 0% dan terjadi peningkatan pada kategori sangat baik menjadi 20,70%. Selanjutnya pada siklus I dilakukan perbaikan, sehingga pada siklus II terjadi peningkatan persentase minat belajar pada kategori baik menjadi 61,10% dan kategori sangat baik menjadi 31,80%. Kedua, hasil belajar siswa dimana ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 72,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,9% dengan rata-rata 69,4 pada siklus I dan 76,8 pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan game edukatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pembelajaran tematik muatan IPA kelas V SD Negeri Cilenggang 03.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Media pembelajaran, Quizizz. Learning processes, Learnings systems, Students.
Subjects: Communication
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:54
Last Modified: 21 Nov 2023 01:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21490

Actions (login required)

View Item
View Item