Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada materi getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari

Nur Ilman, Aceh and Agnes Renostini, Harefa and Novelina Andriani, Zega (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada materi getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 17. pp. 139-151. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-17.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-17.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli, diketahui bahwa dalam proses pembelajaran IPA belum tersedianya media pembelajaran yang bervariasi, hasil belajar IPA masih kurang, dan kurangnya minat dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1). mengembangkan multimedia dengan menggunakan model pengembangan borg and gall, (2). untuk mengetahui kelayakan multimedia, (3). untuk mengetahui kepraktisan multimedia, dan (4). untuk mengetahui efektivitas multimedia. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan model Borg and Gall (potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi untuk mengetahui kelayakan media, angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan media dan tes hasil belajar peserta didik untuk mengetahui efektivitas dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). media pembelajaran berbasis multimedia dengan model borg and gall telah memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan dan keefektifan, 2). validasi dari ahli materi oleh dosen memperoleh persentase sebesar 96%, validasi dari ahli materi oleh guru memperoleh persentase sebesar 96%, validasi oleh ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 97,5%, dan validasi oleh ahli desain memperoleh persentase sebesar 96%, 3). hasil uji kepraktisan pada uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 93,6% dan uji lapangan memperoleh persentase sebesar 93,9%, dan 4). keefektifan pada uji lapangan memperoleh persentase sebesar 88,4% dan pada uji coba pemakaian memperoleh persentase sebesar 93,1%. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia dinyatakan layak, praktis, dan efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Multimedia, Lower secondary education, Teaching materials, Multimedia instruction
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:11
Last Modified: 15 Jan 2024 04:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21485

Actions (login required)

View Item
View Item