Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Robert Pengabdian, Waruwu and Aprianus, Telaumbanua and Envilwan Berkat, Harefa (2022) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 16. pp. 127-138. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-16.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-16.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangin dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Mandrehe, yang selama ini mengalami hambatan dalam peningkatkan hasil belajar siswa yang masih belum memenuhi KKM 70. Penelitian ini bertujuan 1). untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada kompetensi dasar memahami spesifikasi dan karakteristik beton, 2). untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami spesifikasi dan karakteristik beton dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas X desain pemodelan dan informasi bangunan di semester ganjil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi responden guru, lembar observasi keaktifan siswa, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Mandrehe dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-DPIB semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 orang. Berdasarkan hasil penelitian: 1). pada siklus I rata-rata hasil pengamatan terhadap responden guru dalam proses pembelajaran pertemuan pertama 55% dan pertemuan kedua 61% dengan rata-rata persentase 58%. Persentase pengamatan terhadap siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran pertemuan pertama 44,74% dan pertemuan kedua 58,5% dengan rata�rata persentase 51,62%. Rata-rata hasil belajar siswa 65,85 dengan persentase ketuntasan 41% dan persentase ketidaktuntasan 59%, dan 2). pada siklus II presentase pengamatan terhadap responden guru dalam proses pembelajaran pertemuan pertama 78% dan pertemuan kedua 92% dengan rata-rata 85%. Persentase pengamatan terhadap siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran pertemuan pertama 82,5% dan pertemuan kedua 91% dengan rata-rata 86,75%. Rata-rata hasil belajar siswa 81,66 dengan persentase ketuntasan 100% dan presentase ketidaktuntasan 0%, sehingga telah mencapai target ketuntasan 70. Dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami spesifikasi dan karakteristik beton.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Contextual teaching and learning, Hasil belajar siswa, Learning models (stochastic processes), Academic achievement, Vocational education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:47
Last Modified: 15 Jan 2024 03:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item
View Item