Peningkatan kemampuan mengidentifikasi teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual

Lestariani, Zebua and Trisman, Harefa (2022) Peningkatan kemampuan mengidentifikasi teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 15. pp. 121-126. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-15.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-15.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk peningkatan kemampuan mengidentifikasi teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual kelas VIII SMP Negeri 1 Gido Tahun Pembelajaran 2021/2022. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur pelaksanaannya adalah (1). perencanaan, (2). tindakan, (3). observasi, (4). refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gido semester genap berjumlah 20 orang siswa dengan jumlah laki-laki 9 orang dan jumlah perempuan 11 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan di lapangan maka diperoleh nilai pada siklus I nilai tertinggi 80 dengan predikat “Baik” dan nilai terendah 10 dengan predikat “Kurang” dengan rata-rata 47,25%. Pada siklus II nilai tertinggi yaitu 90 dengan predikat “Baik sekali” dan nilai terendah 45 dengan predikat “Kurang” analisis pembahasan dan temuan peneliti yaitu: pada siklus I kemampuan siswa dalam mengidentifikasi teks persuasi menggunakan model pembelajaran kontekstual, dengan nilai rata-rata 47,25% sedangkan siklus II nilai rata-rata 80,5%. Hasil lembar peneliti yaitu: pada siklus I pertemuan pertama 75% sedangkan pertemuan kedua 87,5%. Hasil lembar peneliti yaitu: pada siklus II pertemuan pertama 93,75% pertemuan ke dua 100%. Hasil lembar observasi siswa yaitu: pada siklus I pertemuan pertama keaktifan siswa sebesar 62,5% dan pertemuan kedua sebesar 75,42%. Hasil observasi siswa pada siklus II pertemuan pertama sebesar 78,3% dan pertemuan kedua sebesar 79,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan :1) dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi teks persuasi siswa SMP Negeri 1 Gido Tahun Pembelajaran 2021/2022. 2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teks persuasi, Model pembelajaran kontekstual, Lower secondary education, Learning models (stochastic processes), Persuasion text, Learning methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:38
Last Modified: 15 Jan 2024 03:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21479

Actions (login required)

View Item
View Item