Penerapan model pembelajaran demonstration untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Wilman Jaya, Zega and Adrianus, Zega and Yelisman, Zebua (2022) Penerapan model pembelajaran demonstration untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 14. pp. 109-120. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-14.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-14.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran demonstration belum diterapkan secara optimal pada kompetensi dasar menerapkan prosedur gambar bentuk-bentuk bidang dan hasil belajar siswa tidak memenuhi standar KKM 70. Penelitian ini bertujuan: (1). mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran demonstration pada siswa, dan (2). untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan prosedur gambar bentuk-bentuk bidang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi responden guru, lembar observasi keaktifan siswa, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sitolu Ori dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X DPIB semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: (1). pada siklus I rata-rata hasil pengamatan terhadap responden guru dalam proses pembelajaran pertemuan pertama 58,33%, dan pertemuan kedua 63,88% dengan rata-rata persentase 61,10%. Persentase pengamatan terhadap siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran pertemuan pertama 44,09% dan pertemuan kedua % dengan rata-rata persentase 47,56%. Rata-rata hasil belajar siswa 68,77% dengan persentase ketuntasan 55,55% dan persentase ketidaktuntasan 44,55%. Pada siklus II presentase pengamatan terhadap responden guru dalam proses pembelajaran pertemuan pertama 83,33% dan pertemuan kedua 91,66% dengan rata-rata 87,49%. Persentase pengamatan terhadap siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran pertemuan pertama 87,84% dan pertemuan kedua 90,17% dengan rata-rata 89,05%. Rata-rata hasil belajar siswa 88,44% dengan persentase ketuntasan 100% dan persentase ketidak tuntasan 0%. Sehingga telah mencapai target ketuntasan 70. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran demonstration, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan prodesur gambar bentuk-bentuk bidang di SMK Negeri 1 Sitolu Ori.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran demonstration, Hasil belajar, Academic achievement, Demonstrations (educational), Learning models (stochastic processes)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:28
Last Modified: 15 Jan 2024 03:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21477

Actions (login required)

View Item
View Item