Penerapan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Charisman, Zega and Aprianus, Telaumbanua and Yelisman, Zebua (2022) Penerapan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 13. pp. 102-108. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-13.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-13.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran direct instruction belum diterapkan sehingga hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi beton tidak memenuhi standar KKM yaitu 70. Tujuan penelitian: (1). untuk mendeskripsikan proses pembelajaran pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi beton dengan penerapan model pembelajaran direct instruction di SMK Negeri 1 Lotu tahun pelajaran 2021/2022, (2). untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Lotu pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi beton melalui model pembelajaran direct instruction. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lotu dengan subyek penelitian siswa kelas X jurusan desain permodelan dan informasi bangunan (DPIB) semester II tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1). lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi untuk guru dan lembar observasi untuk siswa dalam proses pembelajaran, (2). tes hasil belajar, dan (3). dokumentasi. Hasil penelitian: (1). pada siklus I (pertama) rata-rata pengamatan proses pembelajaran (responden guru) yaitu 62,51 %, rata-rata persentase pengamatan keaktifan siswa yaitu 44,84% belum mencapai target yang ditetapkan, rata-rata hitung hasil belajar siswa adalah 68,76 tergolong kategori cukup, persentase ketuntasan siswa mencapai 42%, dan (2). pada siklus II (kedua) rata-rata pengamatan proses pembelajaran (responden guru) yaitu 85,93%, rata-rata persentase pengamatan keaktifan siswa yaitu 85,47% tergolong kategori baik dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100%, telah mencapai target yang ditetapkan yaitu 70. Dari temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi beton di SMK Negeri 1 Lotu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model, Pembelajaran, Hasil belajar, Vocational education, Academic achievement, Direct instruction, Learning methods, Learning models (stochastic processes)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:16
Last Modified: 15 Jan 2024 03:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21472

Actions (login required)

View Item
View Item