Peningkatan aktivitas pembelajaran IPA dengan media konkret pada siswa kelas V SD Negeri Muara Laung I-1 tahun 2021

Abu, Bakar (2023) Peningkatan aktivitas pembelajaran IPA dengan media konkret pada siswa kelas V SD Negeri Muara Laung I-1 tahun 2021. Inspirator Guru, 5 (2): 3. pp. 23-32. ISSN 2654-2536

[thumbnail of 2654-2536_5_2_2023-3.pdf]
Preview
Text
2654-2536_5_2_2023-3.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan bahwa “Siswa di SD Negeri Muara Laung I-1 sebagian besar kurang menunjukkan aktivitas pada proses pembelajaran IPA”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan sifat penelitiannya adalah kolaborasi dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil temuannya adalah terjadinya peningkatan dari siklus I, dan siklus II, (1) Aktivitas fi sik siswa menggunakan media konkret pada pembelajaran IPA mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata sebesar 74,24%, dan siklus II rata-rata sebesar 86,36%. Hasil penelitian aktivitas fi sik dikategorikan “Sangat Baik”, (2) Aktivitas mental siswa menggunakan media konkret pada pembelajaran IPA mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata sebesar 67,04%, dan siklus II rata-rata sebesar 84,09%. Hasil penelitian aktivitas mental dikategorikan “Sangat Baik”, (3) Aktivitas emosional siswa menggunakan media konkret pada pembelajaran IPA mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata sebesar 72,72%, dan siklus II rata-rata sebesar 83,33%. Hasil penelitian aktivitas emosional dikategorikan “Sangat Baik”

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Aktivitas siswa, Media konkret, Student activities, Learning processes, Learning methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 29 Sep 2023 10:03
Last Modified: 29 Sep 2023 10:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21464

Actions (login required)

View Item
View Item