Sri, Rahayu (2023) Pengaruh aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media penyaringan sains terhadap kemampuan penguasaan konsep sistem pemisahan zat. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2720-9334
2720-9334_4_1_2023-1.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penguasaan konsep sistem transportasi pada manusia yang disebabkan oleh aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media penyaringan sains. Peneliyian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam kegiatan pembelajaran IPA dengan sampel 36 siswa kelas VII.I di SMP Negeri 17 Kota Tang Sel. Instrumen yang digunakan yaitu angket, lembar observasi dan soal tes kemampuan penguasaan konsep. Teknik analisisnya dilakukan secara deskriptif kuantitatif dimana hasil tes penguasaan konsep siswa yang dihubungkan dengan aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas dan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran IPA ada peningkatan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I, terdapat siswa yang memiliki aktivitas belajar yang kurang (8%) dan sangat kurang (4%). Pada siklus II, aktivitas belajar siswa tersebar pada kategori cukup (8%), baik (27%) dan sangat baik (65%). Hasil tes penguasaan konsep melalui siklus 1 diperoleh rata-rata nilai 63,08 dan pada akhir siklus 2 diperoleh rata-rata nilai 79,23. Dari rekapitulasi hasil pengolahan angket dapat diketahui bahwa rata-rata siswa yaitu sebesar 73% siswa kelas VII.I berpendapat bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Penyaringan Sains penguasaan konsep sistem Pemisan Zat menjadi lebih mudah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media penyaringan, Aktivitas belajar, Penguasaan konsep. Activity learning, Learning materials, Students. |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Chemistry |
Depositing User: | - Annisa - |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 01:50 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 01:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21454 |