Strategi komunikasi pemasaran melalui media digital

Kevin, William Gautama and Marisi, Pakpahan (2022) Strategi komunikasi pemasaran melalui media digital. JMBA - Jurnal Manajemen dan Bisnis Asmi, 8 (2). pp. 75-81. ISSN 2721-5199

[thumbnail of Jurnal_Kevin William Gautama_Institut Bisnis dan Multimedia Asmi_2022-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Kevin William Gautama_Institut Bisnis dan Multimedia Asmi_2022-10.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari adanya penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh yang ditimbulkan dari adanya pemanfaatan media digital dalam mempromosikan produk aplikasi Ceria kepada konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitiatif deskriptif dengan melakukan tahapan observasi dan wawancara kepada informan yang merupakan karyawan dari bank BRI dan juga nasabah yang menggunkan aplikasi BRI Ceria. Indikator yang digunakan dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam penelitian ini adalah menggunakan indikator dasar dari komunikasi yaitu pengirim pesan (sender), pesan (massage), penerima pesan (receiever), media (channel), dan umpan balik (feedback) yang didapatkan pihak nasabah pengguna aplikasi BRI ceria dari pihak BRI. Kemudian indikator untuk menetukan peran media digital dalam mempromosikan aplikasi Ceria ini menggunakan publikasi web dan jejaring sosial. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi Ceria masih memiliki kekurangan dalam hal pesan, hal ini dikarenakan pesan yang disampaikan dari promosi aplikasi Ceria masih belum tersampikan dengan baik. Dalam aktivitas komunikasi pemasaran ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan kepada target sasaran, terdapat enam bauran pemasaran diantaranya adalah: periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan dari mulut ke mulut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Marketing, digital media, communication
Subjects: Manufacturing Technology > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Communication > Communication & Information Theory
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:59
Last Modified: 15 Nov 2023 07:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item
View Item