Apakah kepuasan pelanggan Shopee bergantung pada voucher diskon dan gratis ongkir?

Freddy, J. Rumambi (2022) Apakah kepuasan pelanggan Shopee bergantung pada voucher diskon dan gratis ongkir? JMBA - Jurnal Manajemen dan Bisnis Asmi, 8 (2). pp. 88-100. ISSN 2721-5199

[thumbnail of Jurnal_Freddy J. Rumambi_Institut Bisnis dan Multimedia Asmi_2022-12.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Freddy J. Rumambi_Institut Bisnis dan Multimedia Asmi_2022-12.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh voucher diskon dan gratis ongkir terhadap kepuasan pelanggan Shopee Food. Shopee adalah salah satu pasar terbesar di Indonesia dibandingkan dengan kompetitor, pasar ini bisa dikatakan paling menonjol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden pada mahasiswa FIAS di IBM Asmi. Dengan teknik pengumpulan data dari penyebaran kuesioner kepada 93 responden sebagai sampel dengan menggunakan skala Likert. Teknik sampel yang digunakan dengan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Hipotesis (Uji Parsial/Uji T dan Uji Simultan/Uji F), Analisis Koefisiensi Korelasi, dan Analisis Koefisiensi Determinasi. Hasil penelitian menggunakan uji F yang menunjukkan bahwa nilai sign 0,000 < 0,050 dan nilai Fhitung 21,263 > 3,95 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti voucher diskon dan gratis ongkir berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu diperoleh juga melalui analisis koefisien determinasi terdapat pengaruh positif antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 32,03% dan sisanya 67,97% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discount voucher, free shipping, customer satisfaction
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:43
Last Modified: 14 Nov 2023 04:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item
View Item