Peningkatan kemampuan menganalisis isi struktur teks negosiasi dengan model direct instruction

Antonius Yusnema Zebua and Trisman Harefa and Riana (2022) Peningkatan kemampuan menganalisis isi struktur teks negosiasi dengan model direct instruction. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 9. pp. 75-80. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-9.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-9.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa menganalisis isi struktur teks negosiasi di kelas X SMK Negeri 1 Sitolu Ori masih belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Masalah ini disebabkan siswa kurang termotivasi membaca atau menganalisis teks negosiasi serta penerapan metode pembelajaran yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menganalisis isi struktur teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sitolu Ori semester genap yang berjumlah 26 orang siswa, laki-laki berjumlah 4 orang dan 22 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan prosedur pelaksanaannya adalah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan menggunakan teknik pengumpulan data, lembar observasi, tes essay, cacatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan pada hasil siklus I nilai terendah 44 dan nilai tertinggi 84 dengan nilai rata-rata 64,46%. Pada siklus II nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 96 dengan nilai rata-rata 83,84%. Hasil observasi siklus I pertemuan pertama 69,23% dan pertemuan kedua 84,61%. Pada hasil siklus II pertemuan pertama 69,23% dan pertemuan kedua 84,61%. Hasil observasi siswa siklus I yaitu 42,01% dan pertemuan kedua 74,55%. Pada hasil siklus II pertemuan pertama 73,03% dan pertemuan kedua 80,76%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Menganalisis, Isi struktur, Teks negosiasi, Model pembelajaran, Direct instruction
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 25 Dec 2023 06:44
Last Modified: 25 Dec 2023 06:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21406

Actions (login required)

View Item
View Item