Veronika Putri Delima Waruwu and Trisman Harefa (2022) Peningkatan kemampuan menceritakan kembali teks ulasan dengan model pembelajaran problem based learning. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 8. pp. 69-74. ISSN 2963-4350
2963-4350_1_1_2022-8.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaanya terdiri dari empat tahap yaitu: 1). perencanaan, 2). tindakan, 3). observasi, 4). refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Gunungsitoli pada semester genap yang berjumlah siswa 15 orang dengan jumlah laki-laki 9 dan perempuan 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 57 nilai terendah 30 nilai tertinggi 85 sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84 nilai terendah 75 nilai tertinggi 95. Siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 2 orang dengan rata-rata persentase 13,33% sedangkan siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 14 orang dengan rata-rata persentase 93,33%. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 37,28% dan pertemuan kedua sebesar 46,29% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 61,97`% dan pertemuan kedua sebesar 90,14%. Hasil observasi kinerja pada siklus I pertemuan pertama sebesar 47.04% dan pertemuan kedua sebesar 52,96% sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 88,26% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning bagi guru SMP Negeri 1 Gunungsitoli, penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan guru bidang studi dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dan upaya guru dalam meningkatkan keterampilan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menceritakan teks ulasan, Model pembelajaran, Problem based learning |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 25 Dec 2023 06:38 |
Last Modified: | 25 Dec 2023 06:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21405 |