Peningkatan kemampuan menceritakan kembali teks ulasan dengan model pembelajaran problem based learning

Veronika Putri Delima Waruwu and Trisman Harefa (2022) Peningkatan kemampuan menceritakan kembali teks ulasan dengan model pembelajaran problem based learning. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 8. pp. 69-74. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-8.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-8.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaanya terdiri dari empat tahap yaitu: 1). perencanaan, 2). tindakan, 3). observasi, 4). refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Gunungsitoli pada semester genap yang berjumlah siswa 15 orang dengan jumlah laki-laki 9 dan perempuan 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 57 nilai terendah 30 nilai tertinggi 85 sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84 nilai terendah 75 nilai tertinggi 95. Siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 2 orang dengan rata-rata persentase 13,33% sedangkan siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 14 orang dengan rata-rata persentase 93,33%. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 37,28% dan pertemuan kedua sebesar 46,29% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 61,97`% dan pertemuan kedua sebesar 90,14%. Hasil observasi kinerja pada siklus I pertemuan pertama sebesar 47.04% dan pertemuan kedua sebesar 52,96% sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 88,26% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning bagi guru SMP Negeri 1 Gunungsitoli, penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan guru bidang studi dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dan upaya guru dalam meningkatkan keterampilan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Menceritakan teks ulasan, Model pembelajaran, Problem based learning
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 25 Dec 2023 06:38
Last Modified: 25 Dec 2023 06:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item
View Item