Problematika penerapan pembelajaran daring

Sevin Riang Telaumbanua and Agnes Renostini Harefa and Natalia Kristiani Lase (2022) Problematika penerapan pembelajaran daring. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 3. pp. 23-32. ISSN 2963-4350

[thumbnail of 2963-4350_1_1_2022-3.pdf]
Preview
Text
2963-4350_1_1_2022-3.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah munculnya problematika pada penerapan pembelajaran daring yang dialami oleh guru, peserta didik, dan orangtua di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan secara rinci problematika yang dihadapi guru, peserta didik, dan orangtua, serta upaya mengatasi problematika tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat ex post facto. Informan pada penelitian ini adalah 64 orang yang terdiri atas: guru IPA yang berjumlah 4 orang, peserta didik berjumlah 30 orang dan orangtua berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). problematika guru yaitu guru tidak leluasa menyampaikan materi pelajaran, lemahnya penguasaan IT, terbatasnya kontrol peserta didik saat belajar, dan akses jaringan internet yang kurang stabil, (2). problematika peserta didik yaitu kurang memahami materi yang disampaikan, akses jaringan internet yang tidak lancar, kurang bisa menggunakan aplikasi pembelajaran, tidak memiliki handphone android, tidak fokus belajar karena aplikasi lain, kuota internet tidak disediakan, jenuh dan bosan untuk mengikuti pembelajaran daring, (3). problematika orangtua yaitu tidak ada waktu untuk mendampingi anak belajar dan tidak sanggup memenuhi fasilitas pembelajaran daring anak, dan (4). upaya mengatasi yaitu pembelajaran tidak sepenuhnya dilaksanakan secara daring, membuat materi lebih menarik atau membuat video pembelajaran, kurangnya penguasaan IT dapat diatasi dengan mengikuti pelatihan, akses jaringan yang tidak stabil dapat diatasi dengan pergi ke tempat yang akses internetnya lancar, peserta didik mengikuti program pendidikan lewat youtube ataupun siaran televisi, orangtua atau wali diharapkan meluangkan waktu untuk memperhatikan dan membimbing anaknya belajar, orangtua dapat mengghubungi wali kelas untuk mendapatkan informasi terkait pembelajaran anak.

The background of this research is the emergence of problems in the application of online learning experienced by teachers, students, and parents at UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. The purpose of this study is to describe in detail the problems faced by teachers, students, and parents, as well as efforts to overcome these problems. This type of research is a qualitative research that is ex post facto. The informants in this study were 64 people consisting of: 4 science teachers, 30 students and 30 parents. Data collection techniques used are interviews, questionnaires, and documentation. The results of the study are as follows: (1) Teacher problems, namely teachers are not free to deliver subject matter, weak IT mastery, limited control of students while studying, and internet network access that is less stable, (2) Students' problems are not understanding the material presented. , internet network access that is not smooth, can't use learning applications, doesn't have an android phone, doesn't focus on studying because of other applications, internet quota is not provided, bored and bored to take part in online learning, (3) The problem with parents is that there is no time to assist children learn and are unable to meet children's online learning facilities, (4) Efforts to overcome, namely: Learning is not fully carried out online, making material more interesting or making learning videos, lack of IT mastery can be overcome by attending training, unstable network access can be overcome by going to the right place g the internet access is smooth, students take part in educational programs via youtube or television broadcasts, parents/guardians are expected to take the time to pay attention and guide their children to learn, parents can contact the homeroom teacher to get information related to children's learning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problematika, penerapan, pembelajaran daring, problematic, application, online learning, learning techniques
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Dec 2023 15:10
Last Modified: 21 Dec 2023 15:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item
View Item