Tiermin Sipayung (2023) Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas VI SD Negeri 098145 Karang Sari. Jurnal Inspirator Guru, 5 (2): 13. pp. 113-122. ISSN 2654-2536
Jurnal_Tiermin Sipayung_SDN 098145 Karang Sari-2023-13.pdf
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pembelajaran IPA siswa kelas VI di SD Negeri 098145 Karang Sari yang menunjukkan bahwa hasil belajarnya masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas VI SD Negeri 098145 Karang Sari Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VI sejumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA meningkat setelah diberikan tindakan melalui penerapan model pembelajaran
Group Investigation (GI).
Rata-rata hasil belajar IPA meningkat dari siklus I, siklus II, ke siklus III. Adapun ratarata hasil belajar IPA siswa meningkat dari siklus I sebesar 67,22 atau 58,33% menjadi 82,22 atau 66,66% pada siklus II, dan menjadi 88,22 atau 100% pada siklus III. Perbaikan yang
dilakukan pada siklus II dan III yaitu pada tahap pengelompokkan yang semula tiap kelompok beranggotakan 6 orang menjadi 3 orang serta pengaturan waktu guru perlu lebih diperhatikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | science learning, learning model, group investigation (gi) |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources Urban & Regional Technology & Development > Regional Administration & Planning Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 06:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 06:41 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21380 |