Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Mangkalisoi 1

Tuti Mitilda (2023) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Mangkalisoi 1. Jurnal Inspirator Guru, 5 (2): 11. pp. 97-104. ISSN 2654-2536

[thumbnail of Jurnal_Tuti Mitilda_SD Mangkalisoi 1_2023-11.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Tuti Mitilda_SD Mangkalisoi 1_2023-11.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus utama dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode demonstrasi untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Mangkalisoi 1. Instrumen dari penelitian ini adalah silabus, RPP, dan lembaran kerja siswa, dan kuisioner serta lembar pengamatanan siswa. Hasil penelitian prasiklus atau sebelum perbaikan rata-rata 64,09, di siklus I menunjukkan peningkatan nilai rata-ratanya yaitu 71,81 dan pada silkus II lebih meningkat menjadi rata rata 76,81. Sehingga dengan demikian penerapan metode demonstrasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Mangkalisoi 1.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning techniques, learning output, indonesian language
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:29
Last Modified: 19 Dec 2023 05:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21374

Actions (login required)

View Item
View Item