Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di SD Negeri Tumbang Soloi - 1

Sogeng (2023) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di SD Negeri Tumbang Soloi - 1. Jurnal Inspirator Guru, 5 (2): 7. pp. 63-68. ISSN 2654-2536

[thumbnail of Jurnal_Sogeng_SDN Tumbang Soli 1_2023-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sogeng_SDN Tumbang Soli 1_2023-7.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan aktifi tas pembelajaran siswa. Tanpa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan yang optimum. Artikel ini ditujukan untuk menyelidiki pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. Penelitian korelasi deskriptif ini dilakukan sebagai studi kasus terhadap siswa kelas IV sekolah dasar dan tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan level dari pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar IPA. Terdapat total 26 siswa kelas IV SD Negeri Tumbang Soloi 1 kecamatan Tanah Siang, Murung Raya yang dijadikan sample dalam penelitian ini. Data-data dikumpulkan melalui questionare instrument dari variable motivasi belajar dan juga hasil test siswa sebagai variable rata-rata pencapaian siswa. Hasil dari data-data diproses melalui perhitungan statistik dan korelasi rata-rata, didapat melalui penggunaan SPSS 16.0. Data menunjukkan interprestasi tingkat reliabilitas tinggi besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA adalah sebesar 48,1%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivation, academic achievement, science
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources
Administration & Management > Personnel Management, Labor Relations & Manpower Studies
Urban & Regional Technology & Development > Regional Administration & Planning
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:46
Last Modified: 18 Dec 2023 06:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21368

Actions (login required)

View Item
View Item