Analisis soal-soal ulangan akhir semester Matematika kelas IX SMP Negeri 1 Murung ditinjau dari aspek kognitif tahun ajaran 2017/2018 dan 2018/2019

Ema Yanti (2023) Analisis soal-soal ulangan akhir semester Matematika kelas IX SMP Negeri 1 Murung ditinjau dari aspek kognitif tahun ajaran 2017/2018 dan 2018/2019. Jurnal Inspirator Guru, 5 (2): 4. pp. 33-42. ISSN 2654-2536

[thumbnail of Jurnal_Ema Yanti_SMPN 1 Murung_2023-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ema Yanti_SMPN 1 Murung_2023-4.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan soal-soal ulangan akhir semester ditinjau dari aspek kognitif dan distraktor yang terdapat pada soal bentuk pilihan ganda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu mendiskripsikan tiap butir soal berdasarkan aspek kognitif. Hasil penelitian adalah pada soal ulangan akhir semester gasal tahun ajaran 2017/2018 persentase aspek mengingat pada soal sebesar 11,11%, aspek memahami sebesar 13,33%, aspek mengaplikasikan sebesar 62,22%, aspek menganalisis sebesar 13,33%. Untuk soal ulangan akhir semester gasal tahun ajaran 2018/2019 persentase aspek mengingat sebesar 11,11%, aspek memahami sebesar 8,89%, aspek mengaplikasikan sebesar 64,44%, aspek menganalisis sebesar 15,56%. Pada ulangan akhir semester gasal tahun ajaran 2017/2018 distraktor karena kesalahan fakta (D1) memiliki persentase sebesar 2,50%, distraktor karena kesalahan konsep (D2) sebesar 22,5%, distraktor karena kesalahan prinsip (D3) sebesar 47,5% dan distraktor karena kesalahan keterampilan (D4) sebesar 27,5%. Selanjutnya pada ulangan akhir semester gasal tahun ajaran 2018/2019 distraktor karena kesalahan fakta (D1) memiliki persentase sebesar 5,55%, distraktor karena kesalahan konsep (D2) sebesar 38,89%, distraktor karena kesalahan prinsip (D3) yaitu sebesar 38,89% dan distraktor karena kesalahan keterampilan (D4) sebesar 16,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah soal mengaplikasikan merupakan soal yang paling banyak terdapat pada soal ulangan akhir semester sedangkan distraktor pada soal berbentuk pilihan ganda terbanyak adalah distraktor karena kesalahan prinsip.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: cognitive processes, learning disorder, mathematics
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources
Urban & Regional Technology & Development > Regional Administration & Planning
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:03
Last Modified: 18 Dec 2023 03:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21360

Actions (login required)

View Item
View Item