Dedi, Kusnadi (2023) (Dobel) Penerapan model pembelajaran generatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA materi persilangan pada siswa Kelas IX-7. Jurnal Inspirator Guru, 5 (2): 2. pp. 13-22. ISSN 2654-2536
Jurnal_Dedi Kusnadi_SMPN 3 Cikarang Utara_2023-2.pdf
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar IPA pada pokok bahasan persilangan dengan menerapkan model pembelajaran generatif. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas IX-7 di SMP Negeri 3 Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik eksperimen. Data perkembangan diperoleh melalui observasi sikap dan evaluasi hasil belajar. Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar kerja siswa dan lembar observasi sikap. Adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa. Pada siklus I terdapat kenaikan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 13,96% dari saat pre-test (siklus I = 66,67). Pada siklus II terdapat kenaikan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 25,93% dari saat pre-test (siklus II = 70,02). Pada siklus III terdapat kenaikan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 34,47% dari saat pre-test (siklus III = 78,67). Adanya peningkatan siswa aktif. Pada siklus I terdapat kenaikan siswa aktif sebesar 64,95. Pada siklus II terdapat kenaikan siswa aktif sebesar 73,30. Pada siklus III terdapat kenaikan siswa aktif sebesar 79,99. Adanya peningkatan aktivitas guru. Pada siklus I terdapat kenaikan aktivitas guru sebesar 67,81. Pada siklus II terdapat kenaikan aktivitas guru sebesar 73,52. Pada siklus III terdapat kenaikan aktivitas guru sebesar 79,14.
Adanya ketuntasan belajar siswa. Pada kondisi awal terdapat ketuntasan belajar siswa sebesar 3,33% (1 siswa). Pada siklus I terdapat ketuntasan belajar siswa sebesar 16,67% (5 siswa). Pada siklus II terdapat ketuntasan belajar siswa sebesar 56,67% (17 siswa). Pada siklus III terdapat ketuntasan belajar siswa sebesar 90,00% (27 siswa). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran generatif. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini, diharapkan dapat dijadikan bahan referensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran generatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya hasil belajar IPA dapat terus dikembangkan. Untuk pengawas sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan sarana dan prasarana dalam mencipatakan media belajar yang inovatif di tiap sekolah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran generatif, pokok bahasan persilangan, hasil belajar ipa |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 25 Dec 2023 00:13 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 09:37 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21354 |