Efektivitas pembelajaran science environment technology and society pada materi sistem kardiovaskular di tingkat sarjana

Nuril, Hidayati and Trio, Ageng Prayitno (2022) Efektivitas pembelajaran science environment technology and society pada materi sistem kardiovaskular di tingkat sarjana. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP), 9 (1): 7. pp. 55-61. ISSN 2406-8659

[thumbnail of Jurnal_Nuril Hidayati_IKIP Budi Utomo_2022-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nuril Hidayati_IKIP Budi Utomo_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (592kB) | Preview

Abstract

Kelemahan pembelajaran secara online pada mata kuliah anatomi fisiologi manusia yang menyebabkan tidak bisa tercapainya kemampuan akhir yang diharapkan yang berdampak pada kualitas pembelajaran yang kurang serta output yang kurang optimal. Perlu adanya proses pembelajaran yangdidalamnya terdapat penggunaan media pembelajaran terintegrasi pendekatan pembelajaran yang inovatif salah satunya adalah pendekatan science, environment, technology, and society. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SETS yang terintegrasi dengan media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest nonequivalent control group design. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh pembelajaran SETS terintegrasi media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir mahasiswa dengan nilai signifikansi uji anakova sebesar 0,00. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang positif antara penggunaan pembelajaran SETS terintegrasi media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SETS, Kemampuan berpikir kritis, science, environment technology, society
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:38
Last Modified: 02 Oct 2023 06:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21311

Actions (login required)

View Item
View Item