Reni, Alfionora and Ardi, Ardi and Syamsurizal, Syamsurizal and Fitri, Arsih and Novia, Erlinda (2022) Validitas media pembelajaran e-learning berbasis edmodo tentang materi genetika. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP), 9 (1): 5. pp. 42-47. ISSN 2406-8659
Jurnal_Reni Alfionora_Universitas Negeri Padang_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (246kB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat mempengaruhi banyak bidang termasuk bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan perkembangan teknologi dan informasi dapat diamati pada penggunaan e-learning dalam kegiatan pembelajaran. E-learning merupakan suatu sistem yang memungkinkan terjadinya kegiatan pembelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan meskipun guru dan peserta didik tidak bertatap muka langsung. Salah satu e-learning yang mudah untuk digunakan adalah edmodo. Edmodo merupakan platform e-learning yang memiliki kemudahan akses layaknya platform media sosial facebook. Penelitian mengenai e-learning berbasis edmodo dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo yang valid. Penelitian dilaksanakan dengan metode Research & Development (R&D) dengan model 4-D. Validasi dilaksanakan pada empat aspek utama yaitu kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafikaan. Dari proses validasi pada empat aspek tersebut diperoleh nilai validitas 89,51% dengan kategori valid.Oleh karena itu, media pembelajaran e-learning berbasis edmodo yang dikembangkan telah valid.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edmodo, E-learning, Genetika, Validitas, Genetic, Learning Process, Validity |
Subjects: | Medicine & Biology > Cytology, Genetics, & Molecular Biology Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:38 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21308 |