Noveridha, Utama and Zulyusri, Zulyusri (2022) Meta-analisis praktikalitas penggunaan e-modul oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP), 9 (1): 3. pp. 27-33. ISSN 2406-8659
Jurnal_Noveridha Utama_Universitas Negeri Padang_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (232kB) | Preview
Abstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuntut guru menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses pembelajaran.Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru adalah penggunaan elektonik modul (e-modul). E-modul merupakan inovasi dari modul cetak yang dapat diakses melalui smartphone atau personal computer (PC). E-modul dapat menampilkan gambar, video, audio, dan animasi, sehingga proses pembelajaran menjadi interaktif. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis praktikalitas penggunaan e-modul terhadap guru dan peserta didik.Praktikalitas merupakan kemudahan penggunaan produk yang dikembangkan. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel sejenis dengan cara mencari artikel dari beberapa jurnal melalui internet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 artikel terkait penggunaan e-modul. Hasil penelitian ditemukan bahwa rerata tingkat praktikalitas penggunaan e-modul oleh guru sebesar 0,893 dengan kategori sangat praktis, sedangkan rerata tingkat praktikalitas oleh peserta didik sebesar 0,879 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis penggunaan e-modul yang dikembangkan dapat dikategorikan praktis sehingga layak digunakan dalam prosespembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta-analisis, Praktikalitas, E-modul, Teacher, Learning media, Personal computer |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Divisions: | BATAN > Biro Hukum, Humas dan Kerja sama IPTEK > BATAN > Biro Hukum, Humas dan Kerja sama |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:38 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21304 |