Efektivitas intervensi pengajaran terencana terhadap pengetahuan dan praktik pemeriksaan payudara sendiri pada mahasiswa D3 Kebidanan tingkat I Stikes Abdi Nusantara Jakarta

Nurhaida Marpaung and Nofa Anggraini (2023) Efektivitas intervensi pengajaran terencana terhadap pengetahuan dan praktik pemeriksaan payudara sendiri pada mahasiswa D3 Kebidanan tingkat I Stikes Abdi Nusantara Jakarta. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 5 (1): 25. pp. 290-305. ISSN 2655-2728

[thumbnail of Jurnal_Nurhaida Marpaung_STIKes Abdi Nusantara_2023-25.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nurhaida Marpaung_STIKes Abdi Nusantara_2023-25.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) adalah suatu tehnik pemeriksaan dimana seorang wanita memeriksa payudaranya sendiri dengan melihat dan merasakan dengan jari untuk mendeteksi apakah ada benjolan atau tidak pada payudaranya. Pengetahuan dan praktek tentang SADARI adalah pengetahuan dan praktek seseorang terkait praktek pemeriksan payudara sendiri yang didapatkan melalui proses sensoris, terutama pada mata dan telinga. Untuk mengetahui efektivitas intervensi pengajaran terencana terhadap pengetahuan dan praktik pemeriksaan payudara sendiri pada mahasiswa D3 Kebidanan Tingkat I STIKes Abdi Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif koralasi, dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi pada penelitian adalah semua Mahasiswa D3 Kebidanan Tingkat I STIKes Abdi Nusantara. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 responden. Analisis data menggunakan frekuensi dan paired t-test. Distribusi frekuensi pengetahuan tentang pemeriksaan payudara sendiri sebelum intervensi 80,0 dan setelah intervensi 100,0. Praktek pemeriksaan payudara sendiri sebelum intervensi 76,0 setelah intervensi 92,0. Uji statistik Dependent t-test didapatkan nilai p value: 0,000 pada pengetahuan dan p value: 0,016 pada praktek pemeriksaan Sadari. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan tentang pemeriksaan payudara sendiri dan praktek Sadari sebelum dan setelah dilakukan intervensi pengajaran terencana pada mahasiswa D3 Kebidanan Tk I STIKes Abdi Nusantara, Jakarta 2022

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: planned teaching, knowledge, practice BSE
Subjects: Health Resources > Health Delivery Plans, Projects & Studies
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation
Urban & Regional Technology & Development > Health Services
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:41
Last Modified: 14 Dec 2023 01:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21299

Actions (login required)

View Item
View Item