Poster sebagai media edukasi konservasi capung dan kupu-kupu bagi pengunjung kawasan wisata Irenggolo Kediri

Tutut, Indah Sulistiyowati and Ida, Rahmawati and Budhi, Utami and Dwi, Ari Budiretnani (2021) Poster sebagai media edukasi konservasi capung dan kupu-kupu bagi pengunjung kawasan wisata Irenggolo Kediri. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP), 8 (1): 7. pp. 40-43. ISSN 2406-8659

[thumbnail of Jurnal_Tutut Indah Sulistiyowati_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2021-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Tutut Indah Sulistiyowati_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2021-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (895kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang poster sebagai media edukasi konservasi bagi pengunjung kawasan wisara Irenggolo Kediri. Penelitian ini dilakukan sebagai evaluasi media edukasi konservasi bagi pengunjung. Teknik pengambilan data adalah dengan melakukan pengamatan terhadap poster yang dipasang di beberapa tempat strategis yang dikunjungi atau dilalui. Penelitian yang dilakukan pada bulan Juni hingga Desember 2018 ini adalah penelitian kualitatif. Hasil pengamatan disajikan secara narasi dan dalam diagram. Pengunjung anak-anak akan kembali melihat poster sebanyak dua sampai empat kali. Pengunjung dewasa berhenti dan langsung membaca hingga akhir. Sebanyak 52% pengunjung usia anak-anak menghabiskan waktu lebih dari lima menit untuk menyentuh poster dan langsung mencari kupu-kupu seperti pada gambar. Berdasarkan wawancara sederhana, sebanyak 83% pengunjung memberikan tanggapan positif terhadap informasi dalam poster.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konservasi, Kupu-kupu, Poster, Conservation, Butterfly, Flyer
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Recreation
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:30
Last Modified: 02 Oct 2023 06:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item
View Item