Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) materi virus kelas X

Khairatul, Ummah and Mucharommah, Sartika Ami and Ospa, Pea Yuanita Meishanti (2021) Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) materi virus kelas X. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP), 8 (1): 4. pp. 19-25. ISSN 2406-8659

[thumbnail of Jurnal_Khairatul Ummah_Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang_2021-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Khairatul Ummah_Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang_2021-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) materi virus berdasarkan nilai hasil validasi oleh ahli materi; (2) mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) materi virus berdasarkan nilai hasil validasi oleh ahli media pembelajaran; dan (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap keterbacaan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) materi virus yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yangmenggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian mengacu pada tahapan dalam modelpengembangan ADDIE, yaitu: Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Tahap analysis adalah kegiatan analisis kebutuhan pengembangan modul berbasis RQA materi virus. Tahap design dilakukan untuk menyusun rancangan modul yang dikembangkan, meliputi speisifikasi teknis dan substantif. Tahap develop merupakan pembuatan modul dan validasi ahli. Tahap implement merupakan tahap uji coba kelompok kecil untuk mengetahui keterbacaan peserta didik. Tahap terakhir (evaluate) merupakan kegiatan evaluasi hasil seluruh tahap yang telah dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket.Instrumen yang digunakan antara lain: pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan peserta didik, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Validator ahli materi dan ahli media pembelajaran yang melakukan validasi masing-masing satu orang yang memiliki keahlian di bidangnya. Jumlah responden yang memberikan respon keterbacaan modul yang dikembangkan sebanyak 10 orang. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran biologi berbasis RQA materi virus dinyatakan sangat layak. Hasil kelayakan ini diperoleh dari hasil validasi ahli materi dengan persentase rata-rata 92.18% (kriteria sangat layak), hasil validasi ahli media pembelajaran dengan persentase rata-rata 93,42% (kriteria sangat layak), dan persentase rata-rata respon peserta didik sebesar 93% (kriteria sangat baik).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul, Model RQA, Materi virus,Educational development, Learning modules, Natural sciences
Subjects: Medicine & Biology > Microbiology
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Sep 2023 12:10
Last Modified: 29 Sep 2023 12:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21219

Actions (login required)

View Item
View Item