Implementasi discovery learning dengan praktikum kingdom plantae untuk melatih keterampilan proses di MA unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang

Ospa, Pea Yuanita Meishanti and Fatikhatun, Nikmatus Sholihah and Nadia, Septi Ulan Dari (2020) Implementasi discovery learning dengan praktikum kingdom plantae untuk melatih keterampilan proses di MA unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7 (2): 7. pp. 36-43. ISSN 2406-8659

[thumbnail of Jurnal_Ospa Pea Yuanita Meishanti_Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang_2020-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ospa Pea Yuanita Meishanti_Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang_2020-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (405kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 mengutamakan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus lebih aktif dalam mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Pengembangan kompetensi dapat meliputi sikap, pengetahuan maupun keterampilan peserta didik, salah satu keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan proses peserta didik. Keterampilan proses peserta didik di kelas X MIPA 2 pada pembelajaran biologi di MA Unggulan KH.Abd. Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang belum pernah dinilai. Penilaian dapat dilakukan melalui kinerja dalam kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discoveri learning melalui pembelajaran praktikum kingdom plantae terhadap keterampilan proses peserta didik di MA Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang. Metode penelitian jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimen Design dengan bentuk desain One-group pretest-posttest design. Pretest diberikan sebelum adanya perlakuan dan posttest diberikan setelah adanya perlakuan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 MA Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang dengan jumlah 33 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket kinerja keterampilan proses peserta didik. Instrumen yang digunakan antara lain: panduan wawancara, perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar penilaian keterampilan proses peserta didik. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara statistik menggunakan rumus uji korelasi product moment. Hasil analisis uji korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,801 dan rtabel pada taraf signifikansi 5% α = 0,05 sebesar 0,345, maka diperoleh rhitung ˃ rtabel dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, data tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada implementasi model discovery learning dengan praktikum kingdom plantae terhadap keterampilan proses pesera didik di MA Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Praktikum, Keterampilan proses, Learning media, Learning process, Study
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:30
Last Modified: 02 Oct 2023 06:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21154

Actions (login required)

View Item
View Item