Arden Simeru and Arina Luthfini Lubis (2022) Studi pembelajaran berbasis teknologi di abad 21 pada mata kuliah desain grafis pada perguruan tinggi jurusan teknik informatika. Research in Education and Technology, 1 (1): 5. pp. 27-30. ISSN 2963-0002
2963-0002_1_1_2022-5.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Abad 21 atau yang lebih dikenal sebagai zaman modern serta zaman era revolusi industri 4.0 yang mengharuskan tiap-tiap kegiatan yang dilaksanakan mampu memanfaatkan penggunaan mesin atau teknologi otomasi. Terutama teknologi yang paling diharapkan mampu untuk menjadi sebuah keutamaan dalam pemanfaatannya itu sendiri ialah teknologi informasi dan komunikasi. Terlebih jika kita mengacu dan melihat kepada tahun 2019 akhir dimana sebuah virus COVID-19 melanda dunia dan mengharuskan tiap-tiap pekerjaan dilaksanakan dirumah (WFH) untuk mengurangi kontak fisik dan penyebaran virus, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai wadah komunikasi dan penyebaran pemberitahuan dan informasi yang diperlukan. Kemudian untuk matakuliah desain grafis yang mana mahasiswa harus mampu mencobakan secara langsung tata cara membuat sebuah desain dengan memanfaatkan tools-tools serta software yang ada, maka pemanfaatan teknologi informasi ini harus lebih dikembangkan dan dimanfaatkan secara maksimal agar nantinya kompetensi yang diharapkan kepada mahasiswa dapat tercapai. Artikel ini menggunakan metode studi literatur untuk melihat bagaimana pemanfaatan dan optimalisasi dari teknologi informasi baik pada mata kuliah desain grafis maupun mata kuliah pada umumnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain grafis, Teknologi informasi dan komunikasi, Abad 21, Teknik informatika |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 07:04 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 07:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21150 |