Hendri Novianto and Nadia Nadawina (2022) Kajian literatur: pembelajaran berbasis teknologi di abad 21 pada mata kuliah gambar perencanaan jurusan teknik sipil. Research in Education and Technology, 1 (1): 4. pp. 22-26. ISSN 2963-0002
2963-0002_1_1_2022-4.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Mata kuliah gambar perencanaan adalah sebuah matakuliah pada jurusan teknik sipil yang termasuk kompetensi dasar bagi mahasiswa-mahasiswa yang mengambil jurusan teknik sipil ini. Dimana bagian penting nya adalah pemahaman serta kemampuan mahasiswa untuk mengimplementasikan bagaimana perencanaan dari sebuah bangunan itu baik dari segi ukuran, skala serta komponen dari bangunan dapat digambarkan dengan pemanfaatan software yaitu AutoCAD. Seiring perkembangan zaman terutama pada abad 21 ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK menjadi hal yang tak terpisahkan terhadap pembelajaran di jenjang perguruan tinggi, dikarenakan keefektifan dari IPTEK sudah teruji dari penelitian-penelitian sebelumnya bahwasanya IPTEK terutama pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini efektif dalam pembelajaran dikarenakan kemudahan dalam akses informasi terutama pada zaman modern yang mana dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat ini. Terkhusus pada matakuliah gambar perencanaan, pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini dapat dilaksanakan dengan pemanfaatan elearning sebagai media akses pembelajaran dan kemudian sebuah e-modul sebagai bahan ajar mobile yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis teknologi, Abad 21, Gambar perencanaan, Teknik sipil |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 07:01 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 07:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21149 |