Pengaruh model discovery learning menggunakan kamus bergambar sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar kognitif peserta didik

Fatikhatun, Nikmatus Sholihah and Ospa, Pea Yuanita Meishanti and Asmi, ‘Aqidatul ‘Izzah (2020) Pengaruh model discovery learning menggunakan kamus bergambar sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7 (2): 5. pp. 23-27. ISSN 2406-8659

[thumbnail of Jurnal_Fatikhatun Nikmatus Sholihah_Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang_2020-5.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Fatikhatun Nikmatus Sholihah_Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang_2020-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dan media pembelajaran yang tepat merupakan upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada materi sistem reproduksi banyak peserta didik merasa kesulitan memahami materi sehingga hasil belajar kognitif peserta didik belum maksimal. Banyaknya istilah-istilah latin yang sulit untuk diingat dan banyaknya organ -organ penyusun sistem reproduksi menjadi faktor peserta didik sulit memahami materi sistem reproduksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model discovery learning menggunakan kamus bergambar sistem reproduksi manusia terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Pra eksperiment dengan metode one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretes dan postes). Instrument yang digunakan berupa soal (pretest dan postes). Analisis data yang digunakan yaitu hasil belajar kognitif peserta didik serta uji t berpasangan (paired sample t test) dengan bantuan program SPSS 16. Hipotesis yang digunakan yaitu H0 tidak ada pengaruh dan H1 terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik meningkat dengan rata-rata pretest 64,72 menjadi 79,3 untuk postest. Hasil uji t menunjukkan bahwa Sign≤ 0,05 yaitu 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artimya ada pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guided discovery learning, Hasil belajar kognitif, Kamus bergambar, Cognitive, Study, Learning Process
Subjects: Medicine & Biology > Anatomy
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:30
Last Modified: 02 Oct 2023 06:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21148

Actions (login required)

View Item
View Item