Dochi Ramadhani and Khairul Anshari (2022) Kontribusi cara belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika. Research in Education and Technology, 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2963-0002
2963-0002_1_1_2022-1.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
Abstract
Hasil Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) Metode dan media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. 2) Metode pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang 3) Media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini melibatkan 37 responden siswa kelas X TAV SMK 1 Padang. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data hasil belajar guru mata pelajaran Penerapan Dasar-Dasar Elektronika, sedangkan data metode pembelajaran dan media pembelajaran dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode statistik untuk menganalisis korelasinya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode dan media pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 42% terhadap hasil belajar, 2) Cara belajar memberikan kontribusi sebesar 34% terhadap hasil belajar, 3) Media pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 33% terhadap hasil belajar Penerapan Dasar-Dasar Elektronika kelas X SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode pembelajaran, media pembelajaran |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 02 Sep 2023 09:48 |
Last Modified: | 02 Sep 2023 09:48 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21144 |