Fadilah, Rahmawati and Budhi, Utami and Nurul, Mufitdah and Choirul, Choirul (2020) Aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi materi animalia siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7 (1): 3. pp. 11-14. ISSN 2406-8659
Jurnal_Fadilah Rahmawati_SMA Bina Insan Mandiri_2020-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (115kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Teams Games Tournamant) yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.Penelitian ini akan di lakukan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap merencanakan (planning), melakukan tindakan (action), mengamati (observation), dan melakukan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan peningkatan jumlah skor motivasi siswa dari 38,6% menjadi 61,4%, b) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari peningkatan jumlah siswa yang mampu mencapai nilai tuntas, baik pada siklusI danIIyang mengalami kenaikan dari 26 siswa (76,5%) menjadi 32 siswa atau 85,2%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarankooperatif tipe TGT (teams games tournament) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi untuk materi Animalia pada siswa kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model kooperatif TGT, Hasil, Motivasi belajar, Learning motivation, Teaching method, High school students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 15:19 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 15:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21133 |