Pengembangan ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar keanekaragaman hayati

Ayu, Renita and Eni, Setyowati and Arbaul, Fauziah and Nanang, Purwanto (2020) Pengembangan ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar keanekaragaman hayati. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7 (1): 1. pp. 1-6. ISSN 2406-8659

[thumbnail of Jurnal_Ayu Renita_IAIN Tulungagung_2020-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ayu Renita_IAIN Tulungagung_2020-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia tumbuhan paku sekaligus mengetahui tingkat validitasnya. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan dosen biodiversitas masing-masing diperoleh persentase sebesar 83% (sangat valid), 77% (valid), dan 97% (sangat valid). Hasil uji coba lapangan (pre test dan post test) dianalisis menggunakan uji-t (t-test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Sementara respon siswa terhadap efektivitas ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar diperoleh persentase sebesar 86,50%. Dengan demikian, ensiklopedia tumbuhan paku dapat diimplementasikan sebagai sumber belajar tambahan pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia, Sumber belajar, Tumbuhan Paku, Encyclopedia, Ferns, Biodiversity
Subjects: Medicine & Biology > Botany
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Sep 2023 15:13
Last Modified: 27 Sep 2023 15:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21130

Actions (login required)

View Item
View Item