Ayu, Renita and Eni, Setyowati and Arbaul, Fauziah and Nanang, Purwanto (2020) Pengembangan ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar keanekaragaman hayati. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7 (1): 1. pp. 1-6. ISSN 2406-8659
Jurnal_Ayu Renita_IAIN Tulungagung_2020-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia tumbuhan paku sekaligus mengetahui tingkat validitasnya. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan dosen biodiversitas masing-masing diperoleh persentase sebesar 83% (sangat valid), 77% (valid), dan 97% (sangat valid). Hasil uji coba lapangan (pre test dan post test) dianalisis menggunakan uji-t (t-test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Sementara respon siswa terhadap efektivitas ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar diperoleh persentase sebesar 86,50%. Dengan demikian, ensiklopedia tumbuhan paku dapat diimplementasikan sebagai sumber belajar tambahan pada materi keanekaragaman hayati.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ensiklopedia, Sumber belajar, Tumbuhan Paku, Encyclopedia, Ferns, Biodiversity |
Subjects: | Medicine & Biology > Botany Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 15:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 15:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21130 |