Hubungan keterampilan berpikir kritis dengan kemampuan akademik mahasiswa

Nur, Hayati and Nindha, Ayu Berlianti and Andri, Wahyu Wijayadi (2019) Hubungan keterampilan berpikir kritis dengan kemampuan akademik mahasiswa. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 6 (2): 3. pp. 7-11. ISSN 2406-8659

[thumbnail of Jurnal_Nur Hayati_Universitas Hasyim Asy'ari Jombang_2019-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nur Hayati_Universitas Hasyim Asy'ari Jombang_2019-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan kemampuan akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilaksanakan pada semester genap 2018/2019. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 57 mahasiswa prodi pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang yang telah menempuh matakuliah biologi dasar. Adapun instrumen penelitian ini yaitu tes keterampilan berpikir kritis berupa soal uraian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi pearson. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan kemampuan akademik mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 atau ≤ 0,05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi diketahui bahwa 46,92% keterampilan berpikir kritis turut menentukan kemampuan akademik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis, Kemampuan akademik, Mata kuliah biologi dasar, Critical thinking, Academic ability, College students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 25 Sep 2023 10:02
Last Modified: 25 Sep 2023 10:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item
View Item