Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tentang energi dan perubahannya melalui metode inquiry di SD Negeri Pamulang Timur 01 Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan

Mastanah, Mastanah (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tentang energi dan perubahannya melalui metode inquiry di SD Negeri Pamulang Timur 01 Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 13. pp. 271-285. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_3_2_2022_13.pdf]
Preview
Text
2720-9334_3_2_2022_13.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang energi dan perubahannya melalui metode inquiry di SDN Pamulang Timur 01 Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang dipilih adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari data yang terkumpul berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan metode inquiry terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang energi dan perubahannya yang signifikan pada setiap siklusnya. Kegiatan pra siklus menunjukkan siswa yang baru mencapai KKM sebesar 34,38%. Pada siklus petama, persentase siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 71,88%, dan siklus kedua, hasil belajar siswa yang telah mencapai target sebesar 93,75%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Metode inquiry, Learning outcomes, Natural sciences, Learning models (stochastic processes)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:18
Last Modified: 27 Sep 2023 13:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21100

Actions (login required)

View Item
View Item