Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika tentang luas bangun datar melalui model pembelajaran konstruktif di SDN Pamulang 02 Kecamatan Pamulang

Juwariya, Juwariya (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika tentang luas bangun datar melalui model pembelajaran konstruktif di SDN Pamulang 02 Kecamatan Pamulang. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 12. pp. 261-270. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_3_2_2022_12.pdf]
Preview
Text
2720-9334_3_2_2022_12.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika tentang luas bangun datar melalui pendekatan peembelajaran konstruktif di SDN Pamulang 02 Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang dipilih adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan / tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika tentang luas bangun datar dengan hasil kegiatan pra-siklusmenunjukkan siswa yang baru mencapai KKM sebesar 29,4%. Pada siklus petama, persentase siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 61,8%, dan siklus kedua, hasil belajar siswa yang telah mencapai target sebesar 94%

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Matematika, Konstruktif, Learning Outcomes, Mathematics, Learning models (stochastic processes)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:10
Last Modified: 27 Sep 2023 13:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item
View Item