Munsi, Munsi (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tentang ekosistem melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament ) di SDN Pamulang Permai Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 11. pp. 250-260. ISSN 2720-9334
2720-9334_3_2_2022_11.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data empiris tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tentang ekosistem melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SDN Pamulang Permai Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang dipilih adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada setiap siklusnya. Kegiatan pra siklus menunjukkan siswa yang baru mencapai KKM sebesar 32,3%. Pada siklus petama, persentase siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 67,6%, dan siklus kedua, hasil belajar siswa yang telah mencapai target sebesar 94,1%.Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan media pembelajaran berbagai benda di sekitar lingkungan sekolah dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang ekosistem
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Model pembelajaran TGT, Learning outcomes, Natural sciences, Learning models (stochastic processes) |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 13:01 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 13:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21098 |