Upaya meningkatkan minat siswa mengikuti layanan informasi bidang bimbingan karir dengan metode role playing pada siswa kelas IX.3 SMPN 9 Kota Tangerang Selatan

Watiah, Watiah (2022) Upaya meningkatkan minat siswa mengikuti layanan informasi bidang bimbingan karir dengan metode role playing pada siswa kelas IX.3 SMPN 9 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 10. pp. 240-249. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_3_2_2022_10.pdf]
Preview
Text
2720-9334_3_2_2022_10.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat siswa dalam layanan informasi bidang bimbingan karier dengan menggunakan metode Role Playing Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan 2 siklus. Pengumpulan data berupa pengamatan (observasi) dengan mengisi lembar observasi minat siswa. Dengan sampel berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa minat siswa sebelum siklus memiliki rata-rata minat siswa sebesar 60,44 % kategori sedang. rata-rata minat siswa pada siklus I rata-rata tingkat minat siswa menjadi 70,85 % pada kategori tinggi, siklus II 74,47 % dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil pelaksanaan metode role playing pada siklus 1 dan siklus 2, minat siswa mengikuti layanan informasi bidang bimbingan karir menjadi meningkat. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran dengan metode Role Playing siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa terdapat peningkatkan minat siswa mengikuti layanan informasi bimbingan karier di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat, Layanan bimbingan karir, Metode Role Playing, Interests of students and the conception of needs, Career and personnel development, Role playing
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 27 Sep 2023 12:22
Last Modified: 27 Sep 2023 12:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item
View Item