Mukhtar, Rahman Azis (2022) Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA fisika pada pokok bahasan pengukuran melalui model zigsaw. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 9. pp. 233-239. ISSN 2720-9334
2720-9334_3_2_2022_9.pdf
Download (557kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas siswa, mengetahui hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran di kelas VII-8 SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan Metode Group Investigation. PTK dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-8 semester 1 SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 35 siswa. Data diperoleh melalui observasi, pemberian tes uji kompetensi, dan penyebaran angket. Kemudian dianalisilis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas siswa meningkat dalam berkelompok, mengerjakan tugas-tugas, berfikir bersama, dan menjawab soal-soal. Hasil belajar siswa meningkat dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan positif. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran dengan metode group investigation siklus I , siklus II dan siklus III, disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada pokok bahasan Asam dan Basa di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil belajar, Metode Zigsaw, Activity learning, Learning outcomes, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 12:04 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 12:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21096 |