Upaya meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan metode discovery melalui kegiatan laboratorium pada konsep sistem koloid

Wiwin, Purwi Indayati (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan metode discovery melalui kegiatan laboratorium pada konsep sistem koloid. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 4. pp. 172-183. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_3_2_2022_4.pdf]
Preview
Text
2720-9334_3_2_2022_4.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMAN 3 kota Tangerang Selatan dengan metode discovery melalui kegiatan laboratorium pada konsep sistem koloid. Metode yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas dengan sampel berjumlah 33 siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus dengan tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, tes hasil belajar, dan hasil wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian diperoleh gambaran adanya peningkatan kategori aspek partisipasi siswa yang aktif dalam pembelajaran pada tiap siklus. Begitu pula dengan tes hasil belajar terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,09 meningkat menjadi 74,81 serta tidak ada lagi siswa yang mendapat nilai kurang dari 60,00.
Sama halnya dengan hasil wawancara siswa yang menanggapi secara positif proses pembelajaran yang menggunakan metode discovery melalui kegiatan laboratorium. Hal ini berarti pembelajaran menggunakan metode discovery melalui kegiatan laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Discovery, Kegiatan Laboratorium, Learning strategies, Learning methods, Laboratory practice
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:56
Last Modified: 26 Sep 2023 07:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item
View Item