Ahmad, Ghozali (2022) Peningkatan capaian mutu sekolah dengan meningkatkan kinerja guru melalui pelatihan berkelanjutan di SDN Pondok Benda 02 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 3. pp. 163-171. ISSN 2720-9334
2720-9334_3_2_2022_3.pdf
Download (488kB) | Preview
Abstract
Strategi yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinan pembelajaran yang efektif, diantaranya yaitu: (1) banyak berdialog dan berdiskusi untuk mengembangkan keprofesian berkelanjutan guru; (2) senantiasa memantau atau mengobservasi proses pembelajaran di kelas dan memberikan upaya tindak lanjut yang harus dilakukan oleh guru; dan (3) dapat melayani guru dan siswa dalam menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran. Keberhasilan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran antara lain: (1) sebagai penyedia sumber daya; (2) sebagai sumber instruksional dalam memajukan kondisi kelas yang efektif; (3) sebagai komunikator, dapat menyampaikan visi dan misi secara jelas, sertA tujuan sekolah; dan (4) kehadirannya bermakna serta mampu berinteraksi dan mempengaruhi seluruh warga sekolah. Pembinaan kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan memiliki dampak positif dalam meningkatkan mutu guru dalam proses belajar mengajar di SDN Pondok Benda 02 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2016-2017 yang ditandai dengan peningkatan mutu guru dalam setiap siklus, yaitu siklus I (64,50%), siklus II (71,75 %), dan siklus III (80,63 %). dengan menerapkan pelatihan berkelanjutan mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan kinerja guru
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Sekolah, Kinerja Guru, Pelatihan Berkelanjutan, Achievement, Teacher assessment, Training |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 07:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 07:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21090 |