Agus, Niin (2022) Peningkatan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar melalui supervisi akademis Kepala Sekolah di SDN Bambu Apus 01 kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 2. pp. 153-162. ISSN 2720-9334
2720-9334_3_2_2022_2.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan teknik yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi akademik di SD Negeri Bambu Apus 01 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru SD Negeri Bambu Apus 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala SDN Bambu Apus 01menyusun program supervisi akademik secara musyawarah dengan melibatkan wakil kepala sekolah dan para guru, (2) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dilakukan secara terjadwal atau berdasarkan undangan guru dan tidak terjadwal atau tanpa pemberitahuan kepada para guru terlebih dahulu. (3) Teknik supervisi dalam bentuk kunjungan kelas, observasi kelas, dan teknik kelompok. Namun, pelaksanaannya dikategorikan belum begitu maksimal. Untuk menindak lanjuti hasil supervisi akademik ditempuh dengan membimbing, mengarahkan,membantu para guru, mengikuti seminar, penataran dan mengundang narasumber yang kompeten. Disamping itu kepala sekolah juga memberikan kesempatan kepada para guru melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Evaluasi Hasil Belajar, Supervisi Akademik, Performance appraisal, Teacher supervision |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 07:07 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 07:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21089 |