Asep, Akhmad Sofyan (2022) Peningkatan pemahaman majas pertentangan melalui metode diskusi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 1. pp. 148-152. ISSN 2720-9334
2720-9334_3_2_2022_1.pdf
Download (509kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dapat memberikan hal positif dalam diskusi siswa kelas VIII.1 SMPN 18 Tangerang Selatan tentang Pemahaman Majas. Siswa dapat pembelajaran majas pertetangan hasil yang di capai melalui diskusi 79,10% lebih baik dari pada metode ceramah 70,73% ada perbedaan dari keduanya. Bahwa penerapan metode diskusi mempunyai kelemahan terutama faktor siswa, yakni para siswa belum memahami konsep diskusi sehingga dalam pelaksanaannya selalu ribut dengan temannya. Daya serap siswa dalam majas pertentangan mengalami peningkatan yang signifikan sehingga angka tersebut telah mencapai ketuntasan belajar siswa di SMPN 18 kota Tangerang Selatan. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa ada efektivitas penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran majas pertentangan di kelas VIII.1SMP Negeri 18 kota Tangerang Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Majas, Majas Pertentangan, Metode Diskusi, Arts and humanities, Linguistics, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 06:39 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 06:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/21088 |