Peningkatan pemahaman majas pertentangan melalui metode diskusi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan

Asep, Akhmad Sofyan (2022) Peningkatan pemahaman majas pertentangan melalui metode diskusi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Investigasi : Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2): 1. pp. 148-152. ISSN 2720-9334

[thumbnail of 2720-9334_3_2_2022_1.pdf]
Preview
Text
2720-9334_3_2_2022_1.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dapat memberikan hal positif dalam diskusi siswa kelas VIII.1 SMPN 18 Tangerang Selatan tentang Pemahaman Majas. Siswa dapat pembelajaran majas pertetangan hasil yang di capai melalui diskusi 79,10% lebih baik dari pada metode ceramah 70,73% ada perbedaan dari keduanya. Bahwa penerapan metode diskusi mempunyai kelemahan terutama faktor siswa, yakni para siswa belum memahami konsep diskusi sehingga dalam pelaksanaannya selalu ribut dengan temannya. Daya serap siswa dalam majas pertentangan mengalami peningkatan yang signifikan sehingga angka tersebut telah mencapai ketuntasan belajar siswa di SMPN 18 kota Tangerang Selatan. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa ada efektivitas penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran majas pertentangan di kelas VIII.1SMP Negeri 18 kota Tangerang Selatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Majas, Majas Pertentangan, Metode Diskusi, Arts and humanities, Linguistics, Learning methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:39
Last Modified: 26 Sep 2023 06:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21088

Actions (login required)

View Item
View Item