Hubungan konsep diri, kemandirian belajar, dan ketersediaan informasi lowongan kerja di SMK Negeri 1 Sedayu Yogyakarta

Retyana, Wahrini and Elfira, Makmur and Hasbi, Hasbi (2022) Hubungan konsep diri, kemandirian belajar, dan ketersediaan informasi lowongan kerja di SMK Negeri 1 Sedayu Yogyakarta. Information Technology Education Journal, 1 (2): 4. pp. 24-30. ISSN 2809-7971

[thumbnail of 2809-7971_1_2_2022-4.pdf]
Preview
Text
2809-7971_1_2_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (512kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh konsep diri terhadap persepsi kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Sedayu, (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap persepsi kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Sedayu, (3) ketersediaan informasi lowongan kerja terhadap persepsi kesiapan kerja siswa di SMK N 1 Sedayu, (4) pengaruh konsep diri, kemandirian belajar dan ketersediaan informasi lowongan kerja siswa di SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan sampel random sampling yang berjumlah 123 siswa. Data diambil menggunakan metode angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan regresi sederhana dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap persepsi kesiapan kerja siswa dengan korelasi 0,428, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap persepsi kesiapan kerja siswa dengan korelasi 0,303, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara ketersediaan informasi lowongan kerja terhadap persepsi kesiapan kerja siswa dengan korelasi 0,163, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri, kemandirian belajar dan ketersediaan informasi lowongan kerja terhadap persepsi kesiapan kerja siswa dengan korelasi 0,461.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Informasi, Kemandirian belajar, Konsep diri, Persepsi kesiapan kerja, Information literacy, Self and self-concept, Occupational opportunities
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources
Health Resources > Data & Information Systems
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:21
Last Modified: 26 Sep 2023 04:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item
View Item