Efektifitas metode pembelajaran kartu berwarna dan metode pembelajaran ceramah terhadap pemahaman mahasiswa dalam menentukan diagnosis, intervensi dan luaran keperawatan

Tri Juniarti and Asmiyati Patimbang and Elzina Dina De Fretes (2023) Efektifitas metode pembelajaran kartu berwarna dan metode pembelajaran ceramah terhadap pemahaman mahasiswa dalam menentukan diagnosis, intervensi dan luaran keperawatan. MANUJU: Malahayati Nursing Journal, 5 (3): 15. pp. 806-815. ISSN 2655-2728

[thumbnail of Jurnal_Tri Juniarti_Poltekkes Kemenkes Sorong_2023-15.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Tri Juniarti_Poltekkes Kemenkes Sorong_2023-15.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang berbda-beda, terstruktur dan memiliki tujaun tertentu. Hal itu disebut juga dengan metode pembelajaran. Metode pembelajaran terdiri dari banyak jenis beberapa diantaranya adalah metode media visual yang dalam penelitian ini akan diberikan dalam satu set kartu berwarna pada satu kelompok dan metode ceramah pada kelompok lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan metode pembelajaran kartu berwarna pemahaman mahasiswa, keefektifan metode pembelajaran ceramah terhadap kemampuan mahasiswa dan membandingkan keduanya. Metode penelitian yang akan digunakan adalah quasy experiment dengan desain pretest dan post test nonequivalent control group. Populasi adalah mahasiswa aktif pada semester 5 dengan total sampel 60. Sampel akan dipilih menggunakan metode consecutive sampling. Hasil uji paired t-test pada perbedaan pemahaman sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada dua kelompok didapatkan p value 0.038 pada kelompok metode pembelajaran kartu berwarna dan p value 0.102 pada kelompok metode pembelajaran ceramah. Sedangkan untuk menunjukan metode mana yang lebih efektif pada hasil uji mann whitney u-test didapatkan hasil p value = 0.240. Metode pembelajaran kartu berwarna efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa. Sedangkan, antara metode pembelajaran kartu berwarna dan metode pembelajaran ceramah diantara kedua metode tersebut tidak ada yang lebih efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Visual, Ceramah, Pemahaman, Mahasiswa
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 18 Nov 2023 22:45
Last Modified: 18 Nov 2023 22:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20939

Actions (login required)

View Item
View Item