Zunita, Wulansari and Mukh, Taofik Chulkamdi (2022) Penerapan algoritma apriori untuk menentukan tata letak menempatkan barang dagangan “Toko Mekar Sari” di Blitar. Generation Journal, 6 (1): 6. pp. 45-57. ISSN 2580-4952
2580-4952_6_1_2022_6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (725kB) | Preview
Abstract
Mendefinisikan produk dengan cara menampilkan sebuah produk dengan metode tertentu untuk menarik minat konsumen. Penataan barang disebut pameran namun pada kenyataannya masih banyak penjual yang tidak memperhatikan tampilan produk. Dengan memastikan banyak konsumen tidak membeli produk lain karena peletakan yang salah, mempertahankan pendapatan toko dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sistem dan melakukan penelitian ini untuk membantu meningkatkan penjualan pada toko kelontong Mekar Sari. Ada solusi dari permasalahan yang ada di toko kelontong Mekar Sari. Dengan kata lain, data mining diterapkan untuk menentukan tata letak suatu produk dengan menggunakan metode apriori, dan hasilnya nanti dapat digunakan sebagai panduan lokasi di toko kelontong Mekar Sari untuk menentukan dan memandu tampilan produk. Mempromosikan produk yang kurang laku supaya lebih cepat penjualannya. Berdasarkan literatur yang ditinjau, diketahui bahwa algoritma apriori digunakan untuk menentukan solusi tata letak toko kelontong Mekar Sari, yang dapat diperhitungkan saat menentukan tata letak dan strategi penjualan yang lebih efektif
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Algoritma Apriori, Produk Display, Data Mining, Algorithms, Market research |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Information Processing Standards Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 07:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 07:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20929 |