Monitoring penggunaan spektrum frekuensi radio di Indonesia dan permasalahannnya

Sarjono (2008) Monitoring penggunaan spektrum frekuensi radio di Indonesia dan permasalahannnya. In: Prosiding Workshop Komunikasi Radio: Peran Komunikasi Radio dalam Upaya Merajut Wilayah Nusantara, 20 November 2007, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Sarjono_LAPAN_2008.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Sarjono_LAPAN_2008.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada makalah ini dibahas tentang monitoring penggunaan spektrum frekuensi radio di Indonesia dan permasalahannya. Hal yang menjadi pertimbangan akan pentingnya penetapan spektrum frekuensi adalah bahwa spektrum frekuensi adalah sumber daya alam yang terbatas. tersedia sama di setiap negara, mempunyai dampak strategis dan ekonomis di setiap negara. Oleh karena itu kegiatan monitoring perlu dilakukan. Kegiatan monitoring penggunaan spektrum frekuensi diarahkan untuk mendukung pelaksanaan manajemen spektrum frekuensi radio nasional dan aktif dalam: (a) penanganan gangguan/interferensi baik dalam skala lokal. regional. nasional maupun internasional sebagai jaminan bahwa stasiun legal dapat berfungsi dengan baik. (b) menjaga kualitas penerimaan stasiun radio/televisi siaran sesuai dengan wilayah layanannya. (c) menyediakan data monitoring penggunaan/kepadatan pita frekuensi yang diamati baik untuk kepentingan perencanaan maupun penetapan alokasi frekuensi radio. (d) menyediakan informasi monitoring yang bernilai/penting untuk didiskusikan dalam program-program ITU khususnya Radio Communication Bureau.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: monitoring, spektrum frekuensi radio, manajemen spektrum
Subjects: Physics > Radiofrequency Waves
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit > Telekomunikasi
Divisions: LAPAN
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:39
Last Modified: 17 Nov 2023 02:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item
View Item