Implementasi hasil riset lapisan ionosfer dan propagasi gelombang radio

Sri Kaloka Prabotosari (2008) Implementasi hasil riset lapisan ionosfer dan propagasi gelombang radio. In: Prosiding Workshop Komunikasi Radio: Peran Komunikasi Radio dalam Upaya Merajut Wilayah Nusantara, 20 November 2007, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Sri_LAPAN_2008.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Sri_LAPAN_2008.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada makalah ini dibahas tentang implementasi hasil riset ionosfer dan propagasi gelombang radio. Sampai saat ini, kegiatan implementasi hasil riset ionosfer dan propagasi gelombang radio yang telah dilaksanakan bentuk : (1) buku prediksi dan suplemen dan situs web, (2) pelatihan manajemen frekuensi dan teknis komunikasi radio tingkat dasar dan tingkat lanjut, dan (3) konsultasi dan bimbingan teknis. Jumlah buku prediksi dan suplemennya adalah 291 eksemplar setiap paketnya yang dikirimkan kepada pengguna setiap 3 bulan sekali. Sedangkan jumlah prediksi frekuensi yang dimuat dalam situs web www.bdg.lapan.go.id adalah 33 sirkit setiap bulannya. Jumlah operator komunikasi radio yang telah mengikuti pelatihan tingkat dasar mencapai jumlah 355 orang. Sedangkan yang mengikuti pelatihan tingkat lanjut berjumlah 78 orang. Dari jumlah peserta pelatihan tingkat dasar 78% berasal dari lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari seluruh Indonesia, 10% dari lingkungan Polri, 2% dari TNI, dan 10% sisanya dari lembaga lainnya. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Bandung sebanyak 8 kali dan 7 kali diadakan di luar Jawa. Sedangkan pelatihan dan bimbingan teknis yang dibiayai oleh Pemkab telah terlaksana 6 kali. Untuk meningkatkan kegiatan implementasi hasil riset ionosfer dan propagasi gelombang radio maka diperlukan informasi tentang akurasi hasil prediksi, kebutuhan pengguna, dan peningkatan kerjasama antar lembaga.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: implementasi, ionosfer, propagasi, prediksi, manajemen FREKUENSI
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Pembinaan dan Bimbingan Bidang Litbangyasa dan Pemanfaatan > Sains Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:33
Last Modified: 16 Nov 2023 02:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20911

Actions (login required)

View Item
View Item