Pola sirkulasi atmosfer dan kaitannya dengan karakteristik SST di wilayah Pasifik

Nurzaman, Adikusumah and Bambang, Siswanto and Hariadi T E, HTE and Ina, Juaeni (1997) Pola sirkulasi atmosfer dan kaitannya dengan karakteristik SST di wilayah Pasifik. Warta LAPAN, 21 (51): 4. pp. 27-35. ISSN 0126-9754

[thumbnail of Warta_Nurzaman_LAPAN_1997.pdf]
Preview
Text
Warta_Nurzaman_LAPAN_1997.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sirkulasi angin zonal dari pantai timur Kepulauan Indonesia ke Samudra Pasifik dan mengalir ke Amerika Selatan menjadi perhatian utama penelitian ini, terutama mengenai arah sirkulasinya di Pasifik Barat berdasarkan data angin di stasiun Biak, di Pasifik tengah, data stasiun P. Krismes (Christmas Isl.) dan Pasifik Timur, data stasiun Piura di Peru.
Dengan mengamati data angin rata-rata bulanan pada kondisi meteo yang berbeda (Januari dan Juli) dapat diketahui pola arah sirkulasi di beberapa tempat dalam beberapa selang bulan tertentu, yang diharapkan diketahui kondisi sirkulasi untuk kemudian dikaitkan dengan kondisi temperatur permukaan air laut (SST) untuk mengetahui sifat dari interaksinya.
Setelah kondisi sirkulasi diketahui keterkaitannya dengan kondisi SST dapatlah diketahui kondisi sirkulasi pada bulan pengamatan yang memungkinkan diketahui perbedaan pada saat yang diamati tersebut. Disamping itu dengan mengamati pola angin zonal di ke tiga stasiun di atas dapat diketahui kondisi sirkulasi yang sangat erat kaitannya dengan kemunculan anomali seperti El Nino, namun pada pembahasan hanya meliputi bentuk interaksi yang dapat teramati antara permukaan laut dan sirkulasi angin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Wind, circulation, Indonesia
Subjects: Atmospheric Sciences
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:25
Last Modified: 09 Nov 2023 01:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20879

Actions (login required)

View Item
View Item