Studi awal pengukuran tebal pipa terselubung dengan teknik radiografi tangensial

Soedardjo (2006) Studi awal pengukuran tebal pipa terselubung dengan teknik radiografi tangensial. In: Risalah seminar ilmiah aplikasi isotop dan radiasi, jakarta 12 Desember 2006., 12 Desember 2006, Jakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://-

Abstract

Telah dilakukan studi awal pengukuran tebal pipa terselubung dengan menggunakan teknik radiografi tangensial. Sumber radiasi yang digunakan adalah Iridium 192 yang beraktivitas 41 Ci. Pengukuran dilakukan terhadap las-lasan pada dua buah pipa baja karbon yang berbeda diameter luar dan tebalnya. Film tipe Agfa D7 digunakan dan ditempelkan pada bagian luar selubung pipa bahan styrofoam dan alumunium. Waktu paparan sumber radiasi dipilih sesuai tebal pipa yang diteliti dan dikalikan dua kali untuk kondisi paparan dengan metode gambar tunggal dinding ganda. Dari hasil perhitungan dan pengukuran terjadi selisih ketebalan yang diduga berasal dari ketidakakuratan membaca densitas bayangan tebal pipa pada film radiografi dan adanya distorsi geometri lintasan sinar radiasi gamma. Berdasarkan hasil studi awal dapat disimpulkan bahwa dapat dilakukan pengukuran pipa terselubung dengan teknik radiogarfi tangensial Ir 192. Prosentase beda tebal aktual dan terukur untuk pipa pertama adalah 0,32 % dan adalah 5,25 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pipa terselubung, korosi, teknik radiografi tangensial
Subjects: Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Perencanaan Sistem Energi Nuklir > Kajian Infrastruktur Sistem Energi Nuklir
Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Perencanaan Sistem Energi Nuklir > Kajian Infrastruktur Sistem Energi Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:57
Last Modified: 14 Nov 2023 04:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item
View Item