Pengembangan instrumen evaluasi program asistensi mengajar di Satuan Pendidikan Mandiri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNM untuk mitra sekolah dengan model CIPP

Nurul, Mukhlisah Abdal and Irwansyah, Suwahyu and Dwi, Rezky Anandari Sulaiman (2022) Pengembangan instrumen evaluasi program asistensi mengajar di Satuan Pendidikan Mandiri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNM untuk mitra sekolah dengan model CIPP. Information Technology Education Journal, 1 (2): 7. pp. 42-45. ISSN 2809-7971

[thumbnail of 2809-7971_1_2_2022-7.pdf]
Preview
Text
2809-7971_1_2_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (511kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan akan link and match dengan dunia usaha dan industri, serta pengembangan keilmuan, Perguruan Tinggi dituntut agar dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Pelaksanaan MBKM tentu saja berhubungan dengan pengembangan kurikulum adaptif dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan kebutuhan zaman. Untuk mengevaluasi kegiatan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan (AMSP) Mandiri yang diprakarsai oleh Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, peneliti merasa perlu mengevaluasi program tersebut guna mengukur efektivitas program. Instrumen ini digunakan untuk. mengetahui tingkat efektivitas capaian sasaran program AMSP Mandiri Prodi PTIK. Salah satu program evaluasi yang dapat digunakan dalam pembuatan model instrumen evalusi program adalah CIPP (Contex, Input, Process, Product). Uji coba dilakukan melalui tiga jenis pengujian, yaitu (1) Uji ahli; (2) Uji terbatas dilakukan terhadap kelompok kecil sebagai pengguna produk; dan (3) Uji-lapangan (field Testing). Setelah melalui ketiga jenis pengujian tersebut, hasil bahwa instrumen program AMSP Mandiri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar untuk mitra menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Instrumen evaluasi program, Asistensi mengajar di Satuan Pendidikan Mandiri, CIPP, Evaluation and assessment, Teaching assistants, Evaluation methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Administration & Management > Job Training & Career Development
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:47
Last Modified: 25 Sep 2023 07:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/20862

Actions (login required)

View Item
View Item