Nurafni, Nurafni and Yunus, Tjandi and Muh Yusuf, Mappeasse and Iwan, Suhardi and Muhammad, Riska (2022) Pengembangan sistem informasi pelaporan kinerja guru pada keterlaksanaan pembelajaran berbasis dashboard di SMKN 3 Takalar. Information Technology Education Journal, 1 (2): 2. pp. 7-17. ISSN 2809-7971
2809-7971_1_2_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan sistem, hasil pelaporan kinerja, dan hasil pengujian kualitas sistem menggunakan ISO 9126. Proses pengembangan sistem menggunakan metode Scrum Agile Deveploment yang terdiri dari empat langkah aktifitas kerja yaitu product backlog, sprint backlog, aktifitas sprint dan increment. Sistem yang dikembangkan divalidasi oleh empat orang ahli yaitu dua orang ahli sistem dan dua orang ahli konten atau materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan dari sistem memberikan kemudahan bagi pihak sekolah dalam melakukan serangkaian aktifitas pengolahan data berupa proses penilaian kinerja, pembuatan pelaporan, pengecekan dokumen, dan menghasilkan penyajian informasi pelaporan yang dapat diakses dengan cepat. Kemudian hasil pelaporan periode tahun 2020/2021 untuk kinerja guru diperoleh penilaian dengan konversi yang menunjukkan pada kategori “Amat Baik”. Sedangkan untuk hasil penilaian administrasi guru dalam setahun ajaran pada semester ganjil diperoleh persentase jumlah guru 78% dengan pencapaian kategori “Sangat Baik” dan 22% dengan pencapaian kategori “Baik”. Pada semester genap diperoleh persentase jumlah guru 65% dengan pencapaian kategori “Sangat Baik” dan 35% dengan pencapaian kategori “Baik”. Hasil pengujian kualitas perangkat lunak membuktikan bahwa sistem informasi pelaporan kinerja guru pada keterlaksanaan pembelajaran telah memenuhi standar pengujian ISO 9126 dengan hasil pengujian kelayakan untuk karakteristik functionality dengan kategori pencapaian “Layak”. Pengujian kepuasan untuk karakteristik usability dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”. Pengujian kualitas untuk karakteristik reliability dengan kategori pencapaian telah memenuhi standar pengujian Telcordia. Pengujian kualitas untuk karakteristik efficiency dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”. Pengujian kualitas untuk karakteristik maintainability dengan kategori pencapaian telah memenuhi tiga standar pengujian Land. Pengujian kualitas untuk karakteristik portability dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pelaporan, Kinerja Guru, Keterlaksanaan Pembelajaran, ISO 9126, information systems, Teacher evaluation, ISO 9000 series standards |
Subjects: | Administration & Management > Management Information Systems Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 08:28 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 08:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/20856 |